Muara Enim Jadi Daerah Percontohan Smart City di Indonesia

Image result for muara enim

Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkoninfo) sedang mengagas sebuah program bertajuk 100 Smart City di Indonesia, untuk melancarkan aktualisasi program ini pihak Kemkoninfo menobatkan satu daerah untuk dijadikan sebagai daerah percontohan. Daerah yang dinobatkan salah satunya adalah Muara Enim, sebuah kabupaten di provinsi Sumatera Selatan.

Bukan tanpa alasan, penobatan Kabupaten Muara Enim menjadi daerah percontohan untuk 100 Smart City ini dikarenakan Kemkoninfo menginginkan adanya duplikasi daerah-daerah lainnya dengan mencontoh Muara Enim dalam perwujudan Smart City. Muara Enim dipaksa untuk beralih ke teknologi digital berbasis internet dalam menjalankan pelayanan publik yang lebih mudah dan transparan.

Penobatan Muara Enim menjadi daerah percontohan Smart City ini disambut baik oleh Bupati beserta jajarannya, menurut Bupati Muara Enim, Ahmad Yani, penerapan konsep Smar City ini sangatlah penting agar pelaksanaan pemerintahan berjalan seiring dengan perubahan teknologi yang semakin canggih. Teknologi juga menjadi faktor penting untuk meningkatkan kualitas hidup. Kesuksesan smart branding membutuhkan peran teknologi informasi dan komunikasi untuk mempromosikan dan memperkenalkan potensi wisata wisata yang ada di Muara Enim.

Dalam penerapannya untuk mewujudkan Smart City di Muara Enim, ada beberapa pendekatan yang ditempuh, di antaranya:

  1. Smart Environment

Di Muara Enim sangat mudah menemukan bank sampah yang disediakan langsung oleh Pemkab, pada bank sampah tersebut masyarakat menyetor sampah hariannya. Melalui bank sampah yang tersedia masyarakat yang kurang mampu mengumpulkan sampah-sampah yang ada untuk ditukarkan dengan beras miskin. Dengan langkah ini Muara Enim menunjukkan bahwa untuk menjadi kota cerdas aspek lingkungan harus dimanajemeni dengan baik.

  1. Smart Economy

Dalam hal ini Pemkab sudah bersinergi dengan Dinas Komunikasi untuk memperhatikan kebutuhan UMKM agar mendapatkan ekspos yang cukup pada portal daring. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan memposting produk-produk UMKM pada platform e-commerce.

  1. Smart Branding

Muara Enim memiliki sebuah aplikasi yang dinamakan Mence. Mence ini adalah sebuah aplikasi yang di dalamnya berisi informasi-informasi penting terkait Muara Enim. Dari mulai jumlah penduduk, pilihan pariwisata, hingga informasi mengenai ragam kuliner khas daerah. Aplikasi ini bersifat interaktif karena tidak hanya menyediakan bank informasi yang statis, melainkan juga masyarakat bisa memanfaatkannya sebagai aplikasi pelaporan dan pengajuan pertanyaan mengenai Muara Enim. Aplikasi ini diluncurkan secara langsung oleh Dinas Komunikasi Kabupaten Muara Enim dan kini sudah bisa diunduh untuk mencari sumber referensi yang kredibel terkait Muara Enim.

  1. Smart Governance

Pelaksanaan hal-hal yang terkait dengan pemerintahan di Muara Enim sudah bisa diakses melalui internet. Masyarakat tidak perlu membuang waktu untuk mengantre mengurus hal-hal yang bersifat administratif. Segala perizinan bisa diselesaikan dalam waktu yang relatif singkat dan terpantau karena sistem yang dirancang setransparan mungkin agar masyarakat memahami sudah di mana proses perizinan yang mereka ajukan ke pemerintah maupun instansi terkait.

Ke empat pilar pendukung Smart City tersebut dapat terwujud apabila secara teknologi Muara Enim sudah siap, untuk melancarkan aktualisasinya Pemkab Muara Enim sudah memiliki sebuah server terpusat serta daerah-daerah di Muara Enim sudah terhubung dengan jaringan Wi-Fi. Targetnya setiap kecamatan di Muara Enim memiliki 5 titik hotspot, mengenai hal ini Pemkab pun akan bekerjasama dengan berbagai vendor seperti Telkom dan CSR perusahaan lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*