Ketika Para Genius Mengabdi di Luar Sains

Image result for technology

Soho Press

Genius adalah satu kata yang merefleksikan orang-orang dengan kecerdasan di atas rata-rata, menurut KBBI genius berarti berkemampuan (berbakat) luar biasa dalam berpikir dan mencipta. Mereka yang termasuk dalam orang-orang genius memiliki Intelligence Quotient (IQ) di atas 140. Pada umumnya mereka yang genius mengabdikan diri pada bidang sains dengan menjadi peneliti, bergelut dalam bidang kedokteran, menciptakan benda dengan inovasi teknologi tinggi, dan pekerjaan lainnya yang membutuhkan tak sekedar keahlian tapi juga kecerdasan yang superior.

Namun ada beberapa orang genius yang kiprahnya sangat berpanguruh di dunia yang memilih pekerjaan pada bidang lain, salah satunya terjun ke industri teknologi informasi. Peran mereka dalam membawa perubahan dalam kehidupan manusia tidak bisa dipandang sebelah mata, kontribusi mereka merupakan prestasi yang gemilang karena membawa kebaruan dalam kehidupan sehari-sehari. Siapa saja mereka, yuk kita simak sama-sama:

1. Mark Zuckerberg – Facebook

Image result for Mark Zuckerberg

Nama Mark Zuckerberg dengan keahliannya di bidang teknologi informasi adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Berkat kegeniusan yang dimilikinya bersama teman sejawatnya dari Harvard University ia melahirkan sebuah aplikasi yang mendunia, dengan hampir 2.2 triliun pengguna aktif setiap bulannya, Facebook telah mempermudah aktifitas saling sapa tanpa mengenal batas wilayah, warna kulit, zona waktu sejak tahun 2004. Terlepas dari kontroversinya belakangan ini dalam menyebarkan hate speech dan kabar bohong Facebook tetap menjadi salah satu aplikasi terpopuler yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan. (Pict: Medium)

2. Jeff Bezos – Amazon

Image result for Jeff Bezos

Amazon adalah perusahaan multinasional teknologi berbasis e-commerce yang menurut Revenue merupakan perusahaan berbasis internet terbesar di dunia saat ini. Besarnya Amazon hingga saat ini tidak bisa dilepaskan dari tangan dingin penemunya, yaitu Jeff Bezos. Amazon yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1994 di Seattle, Washington ini hadir setelah serangkaian proses panjang. Dimulai dari keputusan Bezos meninggalkan pekerjaannya di D. E. Shaw & Co. dan memutuskan untuk membuka bisnis buku daring pada 1993, pada 1994 saat perjalanannya dari New York ke Seattle ia menuliskan sebuah business plan yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya Amazon yang namanya terinspirasi dari nama Sungai Amazon. (Pict: Quartz)

3. Reed Hastings dan Marc Randolph – Netflix

Image result for Reed Hastings and Marc Randolph

Netflix adalah sebuah provider jasa penyedia berbagai tayangan yang kini sudah mendunia. Saat ini Netflix dijadikan rujukan utama orang-orang jika menonton sebuah film. Keberadaan Netflix ini bermula dari ide Reed Hastings dan Marc Rudolph yang ingin berbisnis pada bidang penyewaan DVD di Amerika Serikat melalui pengiriman surat kepada pelanggannya. Saat ini Netflix sudah memiliki 65.000 judul film berkualitas dengan jumlah pengguna yang sudah mencapai 5 juta orang. (Pict: Quartz)

4. Khoirul Anwar – Salah Satu Penemu Jaringan 4G LTE

Image result for Khoirul Anwar

 

Khoirul Anwar yang lahir pada 1978 silam di Kota Kediri adalah seorang profesor yang membanggakan Indonesia di kancah teknologi, kiprahnya sebagai peneliti yang memiliki paten untuk teknologi broadband yang menjadi standard internasional ITU, baik untuk sistem teresterial (di bumi) maupun satelit (di luar angkasa). Prestasi pria yang berumur 40 tahun ini sangatlah luar biasa dan sangat diapresiasi oleh seluruh dunia. (Pict: Dakwatuna)

5. Paul Allen dan Bill Gates – Microsoft

Image result for Paul Allen dan Bill Gates

Siapa yang tidak kenal Microsoft? Tentunya hampir semua masyarakat modern tau betul apa itu Microsoft dan sudah akrab dengan bagaimana cara menggunakannya. Microsoft yang kita pakai saat ini tentunya tidak bisa dipisahkan dari jasa penemunya, Paul Allen dan Bill Gates, kedua orang ini adalah yang pertama kali harus diberikan ucapan terima kasih ketika kita merasakan manfaat yang begitu besar dari produk Microsoft. Pertemuan Gates dan Allen pertama kali terjadi di SMP Lakeside, Seattle. Keduanya bersahabat karena sama-sama gila dengan komputer, keduanya terus bersahabat sampai akhirnya berkuliah ke Harvard dan sama-sama merancang software. Meski persahabatan mereka sempat retak, tapi karena persahabatan yang sudah dijalin mereka berhasil menemukan sesuatu yang sangat berpengaruh bagi dunia.

Nama-nama tokoh penting di atas menjadi bukti bahwa dalam bidang teknologi pun kita bisa membawa perubahan berarti bagi keberlangsungan umat manusia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*