SOROT dan POT turut ramaikan Soft Launching Patriot Operation Center Bekasi

bekasi-smart-city_20160308_112900

Bekasi, 03 Maret 2016. Inisiatif Smart City atau kota cerdas saat ini sedang marak di berbagai kota di Indonesia. Kota-kota di Indonesia seakan-akan berlomba untuk mendapatkan julukan kota yang Smart. Dalam rangka memperingati HUT kota Bekasi yang ke 19, salah satu rangkaian acara yang dilakukan oleh Bekasi adalah meluncurkan Patriot Operation Center.

Patriot Operation Center

Patriot Operation Center ini merupakan inovasi dari kota Bekasi untuk mewujudkan Bekasi Smart City yaitu kota yang aman, nyaman dan berkelanjutan dengan dukungan teknologi, peningkatan kapasitas sumberdaya manusia dan tatakelola yang baik. Patriot Operation Center atau POC ini berjalan di atas sebuah platform yang dinamakan Smart System Platform dan didukung oleh berbagai aplikasi Smart City. Salah satu layanan atau aplikasi Smart City yang ada di dalam POC ini adalah aplikasi pelaporan dan aspirasi dari masyarakat.

Aplikasi Pelaporan Masyarakat

Saat ini terdapat dua buah aplikasi pelaporan dan aspirasi masyarakat yang sudah terintegrasi dengan POC yaitu aplikasi POT dan Aplikasi SOROT. POT kepanjangan dari Pelaporan Online Terpadu merupakan aplikasi yang disediakan khusus oleh Pemkot Bekasi bagi warganya. Sedangkan SOROT adalah kepanjangan dari Smart Online Reporting and Observation Tools, merupakan sebuah aplikasi pelaporan yang dikembangkan dari hasil penelitian di ITB. Warga atau masyarakat dapat bebas memilih untuk melaporkan dan memberikan aspirasinya melalui POT atau melalui SOROT. Setiap  laporan yang diberikan oleh masyarakat ke pemerintah melalui aplikasi POT dan SOROT kedepannya akan langsung ditindaklanjuti oleh dinas atau kelurahan setempat. Masyarakat dapat memberikan laporan atau masukannya melalui web atau mengunduh aplikasi SOROT di Google Play.

Dengan terintegrasinya aplikasi pelaporan POT dan SOROT pada Patriot Operation Center, walikota Bekasi dapat memantau tindak lanjut dari laporan dan aspirasi masyarakat secara langsung dari POC sehingga tindak lanjut dari laporan masyarakat bisa ditangani dengan cepat dan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *